Senin, 19 Desember 2024, SMA Negeri 2 Bangli menyelenggarakan lomba eksternal yang bertempat di aula MGMP SMA Negeri 2 Bangli. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 – Selesai. I Gede Kariawan S. Pd., M.Pd, selaku kepala sekolah SMA Negeri 2 Bangli membuka kegiatan ini. Dalam kegiatan ini juga di dampingi oleh jajaran Wakasek SMA Negeri Bangli.
Setelah acara sambutan, dilanjutkan dengan lomba English Quiz yang diikuti oleh siswa-siswi SMP se-Bangli. Pada ajang lomba ini, I Wayan Sudiana S. Pd.,M.Pd. selaku wakasek kurikulum sekaligus kordinator lomba dan dan Ketut Bagiada, S. Pd. mendapat kesempatan menjadi juri dalam ajang lomba kali ini. Lomba English Quiz diikuti oleh 21 orang peserta. Setiap peserta sangat antusias untuk mengikuti perlombaan ini.
Adapun ketentuan yang berlaku saat penilaian lomba English Quiz yaitu peserta adalah peserta didik SMP dibuktikan dengan kartu pelajar atau surat keterangan dari Kepala Sekolah. Kedua, setiap sekolah mengirimkan 1 regu yang terdiri 3 peserta didik (boleh putra maupun putri atau campuran). Ketiga, Peserta mengenakan pakaian/identitas sekolah masing-masing.
Setiap tahapan terdiri dari 3 babak yaitu, Word Guessing, Alphabucks, dan Tic tac toe. Pada permainan Word Guessing, para peserta diberikan waktu selama 180 detik untuk menebak 5 buah kata yang telah disediakan, salah satu anggota regu bertugas sebagai picker (pengambil kata) dan dua orang lainnya bertugas sebagai guesser (penebak kata), picker hanya boleh menjawab yes, no, atau can be kepada guesser. Di dalam permainan Alphabucks, salah satu anggota regu akan menebak 10 kata (jawabannya diawali dengan huruf yang sama) dalam waktu 120 detik, jika peserta tidak bisa menjawab, peserta bisa menyatakan pas dan pertanyaan tersebut akan dibacakan ulang jika waktu masih tersisa. Dipermainan terakhir, para peserta akan disiapkan papan permainan berukuran 3×3 untuk babak semifinal dan 4×4 untuk babak grandfinal. Satu regu ditandai dengan X (tanda silang) dan regu lainnya ditandai dengan O (tanda lingkaran). Regu yang terlebih dahulu mendapatkan garis lurus vertikal, horizontal atau diagonal, dinyatakan sebagai pemenang.
Tujuan diadakannya lomba ini untuk membiasakan peserta menggunakan bahasa Inggris, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, memperkuat kolaborasi dan kerjasama antar tim, membangun jiwa kompetitif yang sehat. (BISMA MEDIA)